Senin, 25 Juni 2007

Soal Pendahuluan

Soal

  1. Tuliskan persamaan perhitungan waktu pengosongan kapasitor,jelaskan?
  2. Apakah computer bisa digunakan sebagai simulator pengukuran besaran listrik bila bisa jelaskan dan sebutkan programnya?
  3. Mengapa bila kita mengukur arus harus secara seri tapi volt/teg secara parallel?
  4. Apa yang dimaksud gejala transient umumnya terjadi pada hal apa(contoh),jelaskan?

Jawaban

  1. Persamaan perhiungan waktu pengosongan kapasitor:










  1. Bisa, saat ini sudah ditemukan suatu program yang dapat digunakan untuk mengukur besaran-besaran listrik pada suatu rangkaian dalam bentuk simulasi dengan menggunakan software elektronik dalam sebuah computer. Salah satunya adalah program EWB(Elektronik Work Bench), selain cepat software ini dapat memudahkan kita untuk mengukur besaran listrik suatu rangkaian lebih teliti.
  1. karena dalam pengukuran arus diperlukan beban sedangkan dalam pengukuran tegangan dapat secara langsung diukur tanpa beban.
  1. Kondisi Transient yaitu suatu kondisi yang dapat berubah dari suatu keadaan menjadi suatu keaadaan yang lain yang bisa disebabkan oleh sumber terpasang atau element-element rangkaian, dimana arus dan tegangan pada suatu element akan berubah dari suatu nilai menjadi nilai yang baru dalam suatu periode. Kondisi ini sering disebut juga dengan gejala peralihan ( Transisi ) dan setelah adanya gejala ini maka keadaan yang menjadi kondisi mantap ( Steady-State ).


◄ Newer Post Older Post ►